A. PENDAHULUAN
Gerakan Pramuka merupakan satu–satunya organisasai yang diperkenankan
dan ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anak–anak
dan pemuda Indonesia, dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan
Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan perkembangan,
keadaan dan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Pembinaan di
dalam Gerakan Pramuka adalah usaha
pendidikan yang dilakukan secara terus–menerus oleh anggota dewasa
terhadap anak didik, dengan menggunakan prinsip dasar metodik pendidikan
kepramukaan, dan sistem among, yang pelaksanaannya disesuaikan dengan
keadaan perkembangan dan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami selaku Dewan Racana Ki Hajar
Dewantara–Dewi Sartika Pangkalan STKIP PGRI Tulungagung mengadakan
kegiatan yang berjudul “Sarana Aksi Tegak Putri Putra ke- V Tahun 2014
(SATRIA V Tahun 2014)”.
B. DASAR KEGIATAN
1. Undang – Undang No. 12 Tahun 2010 tantang Gerakan Pramuka.
2. Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka.
3. Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 24 Tahun 2009 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
4. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuika No. 203 Tahun 2009 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
5. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 080 Tahun 1988
tentang Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka
Pandega.
6. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 214 Tahun
2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Dewan Kerja Pramuka Penegak dan
Dewan Kerja Pramuka Pandega.
7. Program Kerja Racana Ki Hajar Dewantara–Dewi Sartika masa bhakti Tahun 2012 – 2014.
8. Berdasarkan keputusan hasil rapat Reka Kerja SATRIA V 2014 pada tanggal 5 November 2013.
C. TUJUAN KEGIATAN
1. Mempererat tali persaudaaraan antaranggota Gerakan Pramuka.
2. Mengembangkan potensi yang terdapat pada anggota Pramuka Penegak.
3. Menambah wawasan, pengetahuan di bidang kepramukaan.
4. Melestarikan kebudayaan tradisional yang ada di Indonesia.
5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas anggota Pramuka Penegak .
6. Memupuk rasa berkebudayaan sesuai dengan norma yang berlaku.
7. Perperdalam rasa kebersamaan antar antar Pramuka Penegak.
8. Memperkenalkan Gudep STKIP PGRI Tulungagung pada anggota Pramuka Penegak se Jawa Timur.
D. NAMA, TEMA, DAN MOTTO KEGIATAN
1. Nama kegiatan ini adalah :
“Sarana Aksi Tegak Putri dan Putra ke – V Tahun 2014 “ (SATRIA V 2014)
2. Tema kegiatan SATRIA 2014 adalah :
“ Melangkah bersama pramuka, kita bentuk tunas bangsa berjiwa pahlawan, menjunjung kebersamaan dan berbudaya indonesia. ”
3. Motto Kegiatan SATRIA 2014 adalah :
“Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubhaktikan “
E. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Hari : Jumat - Minggu
Tanggal : 31 Januari – 2 Februari 2014
Waktu : Pukul 08.00 (hari Jumat) – Pukul 17.00 (hari Minggu)
Tempat : STKIP PGRI TULUNGAGUNG
F. PELAKSANAAN TEKHNICAL MEETING JURI
Hari : Minggu
Tanggal : 05 Januari 2014
Waktu : 08.00 - selesai
Tempat : Auditorium kampus STKIP PGRI TULUNGAGUNG
(diharap membawa juklak)
Pakaian : Seragam Pramuka Lengkap
G. PELAKSANAAN TEKHNICAL MEETING PESERTA
Hari : Minggu
Tanggal :12 Januari 2014
Waktu : 08.00 - selesai
Tempat : Auditorium kampus STKIP PGRI TULUNGAGUNG
(diharap membawa juklak)
Pakaian : Seragam Pramuka Lengkap
G. PESERTA KEGIATAN
1. Peserta Kegiatan SATRIA V 2014 terdiri dari unsur Pramuka Penegak
SMA/ MA/ SMK/sederajat tingkat Jawa Timur, dengan rincian sebagai
berikut.
• Gugus Depan Pramuka Penegak SMA/ MA/ SMK/ sederajat dari kab. Tulungagung.
• Gugus Depan Pramuka Penegak SMA/ MA/ SMK/ sederajat dari luar Kwarcab Tulungagung.
2. Setiap Gugus Depan mengirimkan 2 umpi yaitu 1 umpi putra dan 1 umpi
putri dengan ketentuan masing – masing umpi terdiri dari 10 orang.
3. Apabila Gugus Depan beranggotakan putra/putri saja, maka mengirimkan 1 umpi dengan ketentuan masing-masing umpi 10 orang.
Persyaratan Peserta
1. Sehat Jasmani dan Rohani.
2. Anggota Gugus Depan SMA/ SMK/ MA/ sederajat baik Negeri maupun Swasta.
3. Aktif di Gugus Depan.
4. Membawa Surat Tugas dari Pangkalan Gugus Depan Pengirim.
5. Foto berwarna 3 x 4 @2 lembar berseragam Pramuka lengkap dengan background warna merah.
6. Mengisi form biodata peserta.
7. Mengisi form kesiapan menjadi peserta dan bersedia mengikuti kegiatan SATRIA V 2014.
8. Mengisi form jenis-jenis kegiatan yang akan diikuti.
9. Membayar fee kegiatan Rp 300.000,00/umpi.
Perlengkapan Peserta
1. Seragam Pramuka Lengkap.
2. Pakaian Dinas Lapangan/Kaos Kegiatan.
3. Baju Batik (warna coklat dan motif bebas).
4. Obat Pribadi.
5. Alat Ibadah.
6. Alat Tulis Menulis.
9. Peralatan Mandi.
10. Dll (sesuai dengan kebutuhan).
Perlengkapan Sangga
1. Perlengkapan lomba.
2. Perlengkapan pertendaan.
3. Perlengkapan memasak.
4. Perlengkapan kebersihan.
5. Perlengkapan pentas Seni.
6. Kantong sampah hitam (organik) dan kantong sampah merah (an organik ).
7. Diperkenankan membawa sepedah onthel ( masing – masing sangga 1 sepeda).
8. Membawa penerangan/senter yang dapat di carger.
9. Dll (sesuai dengan kebutuhan).
Fasilitas Peserta
1. Piagam Kegiatan
2. Tanda Ikut Serta Kegiatan (TISKA)
3. ID Card
4. Scraf
5. Souvenir Peserta
6. Souvenir Perpangkalan
Fasilitas Perkemahan
1. Masjid
2. MCK
3. Air bersih
4. Carger Area (Keamanan di tanggung peserta)
5. Wifi Area
6. Lampu di tempat strategis area perkemahan
7. Sumber informasi
Larangan Peserta
1. Membuat gaduh kegiatan atau perkemahan.
2. Membawa minuman keras dan obat – obatan terlarang.
3. Menggunakan fasilitas ataupun perlengkapan kegiatan bukan pada tempat dan fungsinya.
4. Tidak mengikuti kegiatan.
5. Menyambung kabel listrik.
6. Yang belum tercantum akan ditentukan pada saat tehnikal meeting.
Kewajiban Peserta
1. Peserta wajib mengikuti semua kegiatan yang telah ditentukan.
2. Peserta wajib membawa perlengkapan yang telah ditentukan.
3. Setiap keluar area perkemahan maka harus izin kepada panitia yang bertugas.
4. Menjaga keamanan dan kebersihan perlengkapan serta fasilitas yang di
sediakan oleh panita serta fasilitas yang di bawa oleh peserta selama
kegiatan berlangsung.
5. Mematuhi semua peraturan yang telah ditentukan oleh panitia.
6. Yang belum tercantum akan ditentukan dikemudian hari.
Seputar Pelaksanaan Kegiatan
1. Upacara
Jenis : Upacara terdiri dari Upacara Pembukaan, Upacara Penutupan, Apel pagi dan Apel sore
Sifat : Non Lomba
Pakaian : Seragam Pramuka Lengkap
Peserta : 7 orang/ umpi
Tempat : Lapangan Utama
Alur Kegiatan :
Upacara
• Upacara Pembukaan dan Upacara Penutupan
Peserta berkumpul di lapangan utama 15 menit sebelum acara dimulai
dengan memakai seragam pramuka lengkap dan sebelum upacara dimulai maka
ada gladhi terlebih dahulu.
• Apel Pagi
Dilaksanakan setelah bugar pagi dan petugas pengibaran bendera oleh peserta dengan ditunjuk oleh panitia
• Apel Sore
Dilaksanakan sore hari dan petugas penurunan bendera oleh peserta dengan ditunjuk oleh panitia
2. Welcome Party
Jenis : Malam keakraban dan malam gembira
Sifat : Non lomba
Pakaian :Batik dengan warna coklat dan motif yang bebas (bawahan tidak boleh memakai jeans)
Peserta : 6 orang/ umpi
Tempat : Lapangan Utama
Alur Kegiatan :
• Peserta berkumpul di lapangan utama 15 menit sebelum acara dimulai
dan memakai batik warna coklat dengan motif bebas dan tidak
diperbolehkan memakai jeans.
• Peserta diperkenankan untuk megisi acara
• Bagi peserta yang akan mengisi acara diharapkan daftar sebelum pelaksanaan.
3. Ibadah
Jenis : Ibadah sesuai kepercayaan masing – masing
Sifat : Non lomba
Pakaian : Menyesuaiakan
Tempat : Menyesuaikan
4. Olahraga
Jenis : Olahraga pagi / bugar pagi
Sifat : Non lomba
Pakaian : Kaos lapangan
peserta : 7 orang/ umpi
tempat : Lapangan utama
Alur Kegiatan :
• Peserta berkumpul di Lapangan utama 15 menit sebelum acara dimulai dan menggunakan kaos lapangan.
5. Penjelajahan
• Jenis : Kegiatan penjelajahan, diskusi, outbond
• Sifat : Non lomba
• Pakaian : Seragam Pramuka Lengkap
• Perlengkapan : alat sholat, korlap, nesting, mie instan (sesuai kebutuhan), alat makan, penerangan/senter, matras.
• Peserta : 1 orang/ umpi
• Tempat : GP (Goa Pasir)
• Alur Kegiatan :
• Peserta berkumpul di lapangan utama 15 menit sebelum kegiatan dimulai.
• Peserta berkumpul sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan oleh panitia.
• Peserta akan menerima peta perjalanan.
• Masing-masing kelompok memilih 1 orang ketua yang akan memimpin dalam perjalanan.
• Ada pemandu perjalanan.
• Peserta akan berhenti di pos 1 untuk melaksanakan sholat subuh, selesai sholat subuh peserta melanjutkan perjalanan.
• Peserta mengikuti intruksi dari panitia
6. Scout Contest
Jenis :Berupa tes tulis yang meliputi materi kepramukaan 60 % dan pengetahuan umum 40%
Sifat : Lomba
Peserta : 1 orang/ umpi
pakaian : Seragam pramuka lengkap
perlengkapan : Alat tulis menulis (seperti bolpoint)
Lembar jawab disediakan oleh panitia
Waktu : 60 menit
Penilaian : Ketepatan jawaban (apabila ada jawaban yang diberi type X atau dicoret maka jawaban dianggap salah)
Alur Kegiatan :
• Peserta berkumpul di lapangan utama 15 menit sebelum kegiatan scout
contest dimulai dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh panitia.
• Peserta akan menerima lembar jawaban dari panitia, yang kemudian di
atas sebelah kiri di isi identitas (nama, no kavling, pangkalan).
• Peserta mulai mengerjakan sesuai dengan soal yang disediakan dalam bentuk slide.
• Masing-masing slide akan berubah dalam waktu 20 detik untuk soal pilihan ganda dan 30 detik untuk soal uraian.
• Soal tidak dapat diputar ulang.
• Selesai mengerjakan peserta meninggalkan ruangan dengan lembar jawaban ditinggal di banggu masing-masing.
• Peserta menunggu form penilaian dari juri di luar ruangan.
• Peserta mengikuti intruksi dari panitia.
7. Kolone Tongkat
Jenis : Menampilkan kreasi baris berbaris menggunakan tongkat.
Sifat : Lomba
Peserta : 7 orang/umpi ( 1 danton, 6 anggota )
Pakaian : Seragam Pramuka Lengkap
Perlengkapan : Tongkat tanpa accesories tambahan, diperbolehkan
menggunakan accesoris namun tidak masuk dalam kriteria penilaian
(disediakan oleh peserta)
Waktu : 5 menit
Penilaian : - Kekompakan
- Kreativitas gerakan
Alur Kegiatan :
• Peserta berkumpul di lapangan utama 15 menit sebelum kegiatan kolone tongkat dimulai dan mengikuti intruksi dari panitia.
• Urutan tampilan kolone tongkat sesuai dengan nomor urut yang diambil oleh perwakilan gudep sangga pada saat anjangsana.
• Perlombaan akan dimulai dan diakhiri dengan tanda peluit panjang.
• 1 kali perlombaan akan diberi waktu maksimal 5 menit, apabila melebihi waktu maksimal akan didiskualivikasi.
• Peserta akan bermain di dalam kavling yang berukuran 8x6, apabila
keluar dari batas kavling yang ditentukan akan didiskualivikasi.
• Peserta yang akan tampil berikutnya sudah harus siap di lapangan.
• Peserta tidak boleh menggunakan efek suara dari perlengkapan
elektronik dan non elektronik. Yang boleh digunakan yaitu (mulut,
sepatu, tongkat, peluit)
• Gerakan tidak boleh menyinggun suku, adat, agama, dan politik.
8. Traditional Game (TG)
Jenis : Permainan egrang
Sifat : Lomba
Peserta : 1 orang/umpi
Pakaian : Kaos Lapangan
Perlengkapan : Bambu dengan panjang bebas.
Jarak pijakan kaki dengan permukaan tanah 50cm.
Diameter bambu bebas.
Waktu : 120 menit (lomba dan final)
Penilaian : - Kecepatan (sistem gugur)
Alur Kegiatan :
• Peserta berkumpul di lapangan (tempat perlombaan) 15 menit sebelum
kegiatan dimulai sesuai dengan kode lomba dan membawa perlengkapan lomba
yang sudah ditentukan.
• Peseta berada pada garis start, dan berjalan dengan egrangnya melalui lintasan yang disediakan oleh panitia.
• Apabila peserta jatuh sebelum melewati garis 1, maka peserta harus kembali pada garis start dan melanjutkan permainan.
• Apabila peserta jatuh setelah melewati garis 1 dan sebelum garis 2,
maka peserta harus kembali pada garis 1 dan melanjutkan permainan.
• Apabila peserta jatuh setelah melewati garis 2 dan sebelum finish, maka peserta harus kembali pada garis 2.
• Apabila egrang patah pada saat permainan, maka akan didiskualivikasi,
namun apabila egrang patah sebelum permainan, peserta boleh meminjam
egrang dengan syarat tanpa unsur paksaan.
• Lawan main egrang sesuai dengan no urut kavling.
• Permainan akan dimulai dengan bunyi peluit panjang.
• Dalam memulai permainan, apabila dalam waktu 2 menit belum dapat berjalan akan didiskualivikasi.
• Peserta mengikuti intruksi dari panitia.
9. Pionering (PO)
Jenis : Membuat pionering yang berguna dan dapat diterapkan kegunaannya
Sifat : Lomba
Peserta : 3 orang/umpi
Pakaian : Kaos lapangan
Perlrngkapan : Tongkat dan tali dengan jumlah bebas (tongkat tidak
boleh dipotong sedangkan tali boleh dipotong), perlengkapan lomba
disediakan oleh peserta.
Waktu : 60 menit
Penilaian : - Bentuk
- Kekuatan
- Kerapian simpul dan ikatan
- Nilai Guna
Alur Kegiatan :
• Peserta berkumpul di lapangan utama 15 menit sebelum kegiatan
pionering dimulai sesuai dengaan kode lomba dan membawa perlengkapan
lomba yang digumnakan dalam lomba pembuatan pionering.
• Perlombaan akan dimulai dan diakhiri dengan tanda peluit panjang.
• Peserta membuat pionering yang memiliki nilai kegunaan serta dapat diterapkan dalam masyarakat.
• Peserta boleh membuat replika tapi harus bisa digunakan dan diterapkan dalam masyarakat.
• Ketika peluit tanda berahirnya perlombaan dibunyikan, maka peserta
dilarang meneruskan kegiatan dan salah satu peserta berdiri di samping
pionering.
• Peserta mengikuti intruksi dari panitia.
10. Traditionel Food (TF)
Jenis : Membuat makanan traditional “ klepon ketan isi buah”
Sifat : Lomba
Peserta : 2 orang/umpi
Pakaian : Kaos lapangan
Perlengkapan : Bahan klepon dan perlengkapan masak disediakan oleh peserta.
Waktu : 90 menit
Penilaian : - Cita Rasa
- Kreativitas
- Proses
- Kebersihan
Alur Kegiatan :
• Peserta berkumpul di lapangan utama 15 menit sebelum kegiatan dimulai
sesuai dengan kode lomba dan mengikuti intruksi dari panitia.
• Pembuatan klepon dilaksanakan di tempat lomba yang telah disediakan oleh panitia.
• Perlombaan akan dimulai dan diakhiri dengan tanda peluit panjang.
• Peserta mmenyediakan resep dan cara–cara pembuatan.
• Peserta tidak boleh membawa bahan masakan setengah jadi. Semua
masakan dibuat di tempat perlombaan yang disediakan oleh panitia.
• Peserta membuat 3 porsi klepon, dan peserta bersiap-siap untuk menerima pertanyaan dari dewan juri.
• Bahan–bahan masakan tidak boleh menggunakan bahan–bahan kimia
• Peserta tidak boleh meninggalkan tempat perlombaan selama penjurian.
11. Pensi
Jenis : Menampilkan ensi dengan tema “ Budaya Indonesia ”
Sifat : Lomba
Peserta : Menyesuaikan (max 10 orang/gudep)
Pakaian : Menyesuaiakan
Perlengkapan : Menyesuaiakan
Waktu : 10 menit ( sudah termasuk penataan properti )
Penilaian : - Kekompakan
- Kreativitas tampilan
- Penghayatan peran
Alur Kegiatan :
• Peserta berkumpul di lapangan utama 15 menit sebelum sebelum kegiatan dimulai.
• Pentas seni diikuti oleh perwakilan gudep dengan jumlah peserta maksimal 10orang/ gudep.
• Giliran pensi sesuai dengan nomor urut yang diambil oleh perwakilan gudep pada saat anjangsana.
• Penampilan tidak boleh menyinggung suku, ras, agama dan politik.
• Apabila penampilan melebihi batas waktu yang telah ditentukan, maka
ada pengurangan 5 point tiap menit pertama dan seterusnya.
• Pensi akan diawali dan diakhiri dengan bunyi gong.
12. PPGD
Jenis : Penanganan pada korban
Sifat : Lomba
Peserta : 3 orang/umpi
Pakaian : kaos lapangan
Perlengkapan : P3K
Waktu : 5 menit
Penilaian : - Ketepatan Penanganan
- Keamanan penolong dan korban
Alur Kegiatan :
• Peserta berkumpul di lapangan utama 15 menit sebelum kegiatan dimulai.
• Peserta akan di bagi menjadi beberapa kloter, berdasarkan no urut tenda.
• Setiap peserta yang memulai perlombaan akan diberi soal penanganan korban kecelakaan yang tidak sama dengan peserta lain.
• Perlombaan terdiri dari 3 orang per sangga, dengan ketentuan 1 orang sebagai korban, dan 2 orang sebagai penolong.
• Peserta mengikuti intruksi dari panitia.
13. Musikalisasi Puisi
Jenis : Menyanyikan puisi
Sifat : Lomba
Peserta : maksimal 4 orang/umpi
Pakaian : Menyesuaikan
Perlengkapan : 1 lembar kertas puisi, alat musik akustik
Waktu : 5 menit
Penilaian : - Harmonisasi
- Ekspresi dan penghayatan
- Penampilan
Alur Kegiatan :
• Peserta berkumpul di lapangan utama 15 menit sebelum kegiatan dimulai.
• Peserta mengikuti intruksi dari panitia.
• Peserta akan tampil sesuai dengan nomor urut penampilan.
• Puisi yang ditampilkan dengan pilihan sebagai berikut
1. PRAJURIT JAGA MALAM karya Chairil Anwar .
2. DIPONEGORO karya Chairil Anwar.
3. PAHLAWAN TAK DIKENAL karya Toto Sudarto Bahtiar.
• Durasi penampilan musikalisasi puisi maksimal 5 menit.
• Alat musik pengiring yang digunakan untuk penampilan dipersiapkan
oleh peserta sendiri yang berupa alat musik akustik, dan tidak
diperbolehkan menggunakan alat musik elektronik.
• Penampilan Musikalisasi Puisi tidak menggunakan pengeras suara.
14. Komik Pramuka
Jenis : Membuat komik kepramukaan dengan tema “ Pramuka Mempersatu Dunia ”
Sifat : Lomba
Peserta : 1 orang/umpi
Pakaian : Pramuka lengkap
Perlengkapan : kertas gambar A3 disediakan oleh panitia, alat tulis (warna menggunakan arsiran pensil 2B)
Waktu : 90 menit
Penilaian : - Isi / alur cerita
- Kreativitas
- Keserasian
Alur Kegiatan :
• Peserta berkumpul di lapangan utama 15 menit sebelum kegiatan dimulai dengan membawa perlengkapan yang telah di tentukan.
• Di pojok kanan atas diberi identitas Nama, Pangkalan dan no kavling.
• Tidak menyinggung suku, agama, ras, dan golongan.
• Perlombaan akan dimulai dan diakhiri dengan tanda peluit panjang.
• Peserta mengikuti intruksi dari panitia.
NB: PESERTA DIPERKENANKAN MEMBAWA MEJA LIPAT
14. Pertendaan
Jenis : Peserta mendirikan tenda dengan ukuran kapling 4 x 6 m, peserta diwajibkan mendirikan tenda apung.
Sifat : Lomba
Peserta : Maksimal 10 orang/umpi
Pakaian : Menyesuaikan
Perlengkapan : Perlengkapan pendirian tenda satu set
Waktu : Menyesuaikan
Penilaian : Kerapian (area pertendaan dan simpul serta ikatan)
Kebenaran simpul
Kekuatan
Kebersihan
Alur Kegiatan :
• Peserta datang dilokasi perkemahan mengambil nomor kavling.
• Peserta memasukkan barang-barang atau perlengkapan yang dibutuhkan
untuk mendirikan tenda. Sedangkan peralatan yang lain di masukkan
setelah perlombaan selesai.
• Peserta mulai mendirikan tenda pada hari jum’at pukul 13.30-15.00. Dan penilaian langsung di ambil oleh juri.
• Peserta wajib mendirikan tenda apung, dilengkapi pagar dan gapura.
Pada saat perlombaan yang wajib didirikan tenda apung dan gapura.
• Pagar dan gapura boleh dipasak.
NB: PUKUL 08.00-13.00 AREA PERKEMAHAN STERILISASI
JADWAL SATRIA V 2014
Hari Ke Waktu Kegiatan Lokasi
Hari 1 08.00 - 15.00 Chek in peserta
Daftar ulang
Pendirian tenda Terop
Terop
Kavling
15.00 – 16.30 Anjangsana Ruang C1
16.30 – 18.30 Ishoma
18.30 – 19.00 Persiapan welcome party Lapangan
19.00 – 22.00 GIAT A
Scout Contest(1) Auditorium
Lapamgan
Welcome Party
22.00 – 04.00 Merajut Mimpi
Hari 2 04.00 – 05.00 Bangun
Sholat Subuh
05.00 – 06.00 Bugar Pagi Lapangan
06.00 – 07.00 Bersih Diri
07.00 – 07.30 Persiapan Upaka Lapangan
07.30 – 09.00 Upacara Pembukaan Lapangan
09.00 – 09.15 Persiapan Giat B
09.15 – 11.45 GIAT B
• Kolone Tongkat (7)
Lapangan
11.45 – 13.00 Ishoma
13.00 – 13.15 Persiapan Giat C
13.15 – 16.15 GIAT C
• TG (2)
• Pionering (3)
• TF (2)
Materi (2)
Lapangan atas
Lapangan utama
Depan ruang H
Auditorium
16.15 – 17.15 DSG (2) Auditorium
17.15 - 17.30 Apel Sore Lapangan
17.30 – 19.00 Ishoma
19.00 – 19.30 Persiapan Pensi Lapangan
19.30 – 22.45 Pensi Lapangan
22.45 – 03.00 Tidur Nyenyak
Hari 3 03.00 – 04.00 Pemberangkatan Jelajah (1) Lapangan
04.00 – 05.00 Sholat Subuh
05.00 – 06.00 Bugar Pagi Lapangan
06.00 – 06.15 Apel Pagi Lapangan
06.15 – 07.30 Bersih Diri
07.30 – 07.45 Persiapan Giat D
07.45 – 12.00 GIAT D
• PPGD (3)
• Deklamasi (1)
• Komik Pramuka (1)
Materi (3)
Depan ruang C
Auditorium
G3, G4
Aula
12.00 – 13.00 Ishoma
Peserta jelajah kembali ke buper
13.00 -14.00 Persiapan Upatup Lapangan
14.00 – 16.00 Upacara Penutupan
Pembacaan Juara Lapangan
16.00 – 17.00 Bongkar Tenda
17.00 - ....... Sampai jumpa tahun depan
NOTE :
• Jadwal kegiatan dapat berubah sewaktu – waktu sesuai dengan situasi dan kondisi.
• Pengunjung dapat menemui peserta pada waktu Ishoma, Welcome Party dan Pentas Seni.
• Konsumsi ditanggung oleh peserta.
J. ADMINISTRASI
Bagian administrasi merupakan bagian yang akan memberikan pelayanan Administrasi SATRIA V Tahun 2014.
1. Pendaftaran Peserta
a. Tahap 1
Pendaftaran dilaksanakan kepada sangga kerja SATRIA V2014 milai pada:
tanggal : 01 – 26 Januari 2014
waktu : 14.00 – 17.30 WIB
tempat : STKIP PGRI Tulungagung
konfirmasi pendaftaran ke nomor (08563173343/ kak Ayu).
Pembayaran biaya administrasi Peserta SATRIA 2014 dapat ditransfer ke
nomor rekening 6598-01-013113-53-0 a.n Muhammad Nazalul Qohar, dengan
alamat BANK BRI sumbergempol, (Konfirmasi pembayaran ke nomor
(085790520115/ Kak Dewi dan 08563173343/ kak Ayu ). Atau Fee Kegiatan
secara langsung diserahkan kepada sangga kerja SATRIA V 2014 bidang
Sekretariatan.
Penyerahan berkas – berkas pendaftaran berupa :
• Surat keterangan aktif dari Gugus Depan.
• Surat tugas dari pangkalan Gugus Depan pengirim.
• Foto berwarna 3 x 4 @ 2 lembar berseragam pramuka lengkap background warna merah.
• Form biodata peserta.
• Mengisi form kesiapan menjadi peserta dan bersedia mengikuti kegiatan SATRIA V 2014
Penyerahan berkas – berkas administrasi paling lambat pada saat satu minggu sebelum pelaksanaan.
Konfirmasi pendaftaran dapat melalui Contact Person :
Riska Fitria Karuniawati : 085 645 834 940
M. Nazalul Qohar : 085 784 145 364
Pendaftaran akan ditutup sewaktu – waktu apabila kuota telah telah terpenuhi
NB: Bagi yang dari luar kab. Tulungagung pendaftaran tahap pertama
hanya mentransfer fee kegiatan pada no rekening yang sudah tertera
diatas, dan untuk penyerahan berkas – berkas dilaksanakan pada saat
pendaftaran tahap ke dua.
b. Tahap 2
Pendaftaran tahap
kedua adalah daftar ulang dilokasi kegiatan SATRIA V 2014, oleh masing –
masing Ketua Umpi kepada panitia kesekretariatan Bidang Kesekretariatan
daftar ulang. Dengan mekanisme sebagai berikut :
• Ketua Umpi melaporkan kedatangan serta mengisi daftar hadir.
• Ketua Umpi menyerahkan bukti kelengkapan administrasi kepada panitia
(menyerahkan slip bukti transfer BANK pembayaran asli, apabila membayar
melalui bank).
• Ketua Umpi menerima nomor kavling pertendaan yang
diambil secara acak dan fasilitas peserta berupa Scraf, Souvenir
Peserta, Sticker.
• Ketua Umpi menerima fasilitas yang diberikan oleh panitia.
c. Tahap 3
Alur pengambilan KIT (Piagam Peserta, Tiska)
• Peserta membersihkan areal perkemahan.
• Setelah bersih Ketua Umpi melapor kepanitia bagian Sarpras untuk melakukan pemeriksaan.
• Panitia bagian Sarpras memberi rekomendasi untuk mendapatkan KIT.
• Ketua sangga mengambil KIT di sekretariatan dengan membawa tanda pengambilan KIT.
NOTE: Umpi yang dinyatakan ikut apabila fee kegiatan sudah lunas. Dan untuk persyaratan bisa menyusul.
K. PENILAIAN DAN KEJUARAAN
Ketentuan Penilaian :
1. Penilaian dilakukan oleh Dewan Juri yang telah ditunjuk oleh Sangga Kerja Sarana Aksi Tegak Putri Putra tahun 2014.
2. Juri bersifat netral dan tidak memihak.
3. Komposisi Juri pada masing-masing mata lomba terdiri atas 3 orang.
4. Ketentuan Dewan Juri Tidak dapat diganggu gugat
5. Setelah penilaian lomba selesai maka peserta akan diberi blanko hasil penilaian dari lomba tersebut.
.
Kejuaraan
Tropy Kejuaraan
1. Juara Umum ( Tropi Bergilir Ketua STKIP PGRI Tulungagung)
2. Juara I, II, III Putra
3. Juara I, II, III Putri
4. Juara I, II, III pentas seni
Setiap juara disertai dengan piagam kejuaraan, dan piagam kejuaraan
untuk peserta yang mengikuti lomba tersebut atas nama pribadi.
Ketentuan Juara
• Masing – masing perlombaan diambil 3 (tiga) kejuaraan yaitu juara I
dengan point 4, jura II dengan point 3, dan juara III dengan point 2.
• Juara I, II, III Putra dan Putri
1. Juara I putra maupun putri diambil dari akumulasi jumlah point terbanyak pertama.
2. Juara II putra maupun putri diambil dari akumulasi jumlah point terbanyak kedua.
3. Juara III putra maupun putri diambil dari akumulasi jumlah point terbanyak ketiga.
• Akan tetapi apabila ada jumlah point yang sama, maka akan diambil
dari jumlah wimpel emas terbanyak, apabila masih sama akan ditambah
dengan jumplah wimpel perak, dan jika masih sama akan ditambah dengan
jumlah wimpel perunggu.
• Tropy Bergilir
o Tropy bergilir dari
Ketua STKIP PGRI Tulungagung diambil dari jumlah akumulasi point
terbanyak dari penjumlahan umpi putra dan umpi putri.
o Akan tetapi
apabila ada jumlah point yang sama, maka akan diambil dari jumlah wimpel
emas terbanyak, apabila masih sama akan ditambah dengan jumplah wimpel
perak, dan jika masih sama akan ditambah dengan jumlah wimpel perunggu
L. PENUTUP
Demikian Petunjuk Pelasanaan kegiatan ini kami buat sebagai acuan dalam
melaksanakan kegiatan Sarana Aksi Tegak Putri Putra V Tahun 2014
Tingkat Jawa Timur. Kami tunggu penegak berprestasi di tempat
kakak-kakak untuk bergabung di kegiatan ini.
Impessa Scout
kak tolong share peserta yang ikut satria 5
BalasHapus